fainna ma'al 'usri yusraa, inna ma'al 'usri yusraa....
Loading...

16 November 2010

(Urutan) Upacara Grebeg Kraton Jogja


Sebenarnya ini hanya tulisan iseng, tidak berniat menulisnya. Tapi karena permintaan Mas Gugun untuk mengirimkan detail Upacara Grebeg Kraton esok hari, akhirnya saya posting juga di blog. Dibuang sayang...hehehe :D

Jadi, inilah kira-kira urutan Upacara Grebeg yang diadakan oleh Kraton Jogja setiap perayaan Idul Fitri, Idul Adha dan Maulid Nabi. Grebeg esok hari ini adalah untuk memperingati Idul Adha 1431 H.
gusti yudha sebagai manggalayudha (dok. pribadi)
# Jam 06.00 sepuluh bregada (pasukan) Kraton berkumpul di Pratjimosono (sebelah barat Pagelaran Kraton Jogja) untuk mengambil senjata, bendera, alat musik dan kemudian bersiap-siap.

# Jam 06.30 delapan bregada (Wirobrojo, Patangpuluh, Ketanggung, Nyutro, Dhaeng, Mantrijero, Jogokaryo, dan Prawirotomo) disertai GBPH. Yudhaningrat sebagai Manggalayudha (panglima) meninggalkan Pratjimosono menuju Magangan melewati Jalan Rotowijayan, Ngasem dan Magangan Kulon. Sementara dua bregada lainnya (Bugis dan Surokarso) langsung menuju ke Keben sebagai pengawal Gunungan. Gunungan yang masih di magangan dibawa ke Bangsal Ponconiti yang ada di Keben.
prajurit ketanggung (dok. pribadi)
# Jam 07.00-07.30 delapan bregada sampai di Magangan, di sana mereka bersitirahat dulu. Biasanya mereka sarapan, ngobrol, ataupun merokok. Bagi masyarakat, asyiknya di sini adalah bisa mengajak foto prajurit yang berseragam unik-unik ataupun melakukan wawancara kecil dengan mereka.

# Jam 08.00 dari Magangan delapan bregada menuju ke Keben melewati dalam Kraton, di sini masyarakat umum tidak boleh lewat. Ada jalan umum untuk menuju Keben, kira-kira 10 menit dari Magangan.

# Jam 08.30 delapan bregada tiba di Keben dan langsung menuju Pagelaran Kraton melewati Siti Hinggil. Untuk gunungan dan dua bregada pengawalnya masuk ke Siti Hinggil paling akhir.

# Jam 09.30-10.00 sepuluh bregada dari pagelaran langsung keluar menuju pelataran Alun-alun Utara dan gunungan masih disimpan di Pagelaran. Di pelataran alun-alun Utara ini akan diadakan upacara yang disertai oleh tembakan salvo. Asal tahu saja, aba-aba yang digunakan menggunakan bahasa Jawa lho...


# Jam 10.30-11.00 Gunungan dibawa ke Masjid Gede Kauman untuk didoakan dan kemudian dirayah (diperebutkan) oleh masyarakat. Bregada Bugis dan Surokarso sebagai pengawal gunungan turut serta ke Masjid Gede, sedangkan 8 bregada lainnya langsung kembali ke Pratjimosono melalui  Pagelaran, Siti Hinggil dan Keben.

# Jam 11.00-11.30 semua bregada dan para pembawa Gunungan berkumpul kembali di Pratjimosono, mereka membubarkan pasukan dan kemudian beristirahat sambil menunggu gaji. Saat mereka beristirahat inilah lagi-lagi kita bisa mengajak mereka foto bersama atau bertanya-tanya tentang upacara Grebeg.
pratjimosono (dok. pribadi)
Itulah kira-kira urutan Upacara Grebeg Kraton, kalau yang belum tahu apa itu Grebeg, Gunungan dan sebagainya...mungkin tulisan-tulisan di bawah ini bisa sedikit membantu. :D

# Dhaeng dan Bugis, Favoritku….


0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...