Terkadang ada beberapa orang yang mengatakan kalau sering menangis itu berarti cengeng, benarkah? Kalau aku sih tak setuju, bagiku menangis itu sangat penting. Aku pernah tahu ada beberapa kutipan yang menyebutkan kalau menangis itu bukanlah hal yang dilarang ataupun tabu, apalagi bagi laki-laki...


"Tears will help you learn and grow, so you are better off to let them flow."
Air mata akan membantumu belajar dan berkembang, jadi  lebih baik biarkanlah dia mengalir.


"Tears are words from the heart that can’t be spoken."
Air mata adalah kata-kata dari hati yang tidak bisa diucapkan.


"I will not say 'do not weep' for not all tears are an evil." 
Aku tak akan berkata jangan menangis karena tidak semua air mata itu buruk.



Kutipan yang terakhir, diucapkan Gandalf dalam The Return Of The King yang ditujukan pada Sam, Merry dan Pippin ketika mereka akan berpisah.
Jadi menangislah ketika ingin menangis, jangan pernah tahan air matamu. Dengan mengeluarkan air mata, perasaan kita akan lega. Air mata jugalah yang akan mendewasakan kita.

Namun bagaimana ketika ingin menangis tapi air mata enggan keluar? mungkin ada beberapa yang pernah mengalaminya, termasuk aku...


kalau masih boleh aku menangis
ingin rasanya aku menangis sepuasnya
namun kini yang ada,
bukan boleh atau tidak
tapi mampu atau tidak
karena saat ini,
air mataku tak pernah mampu keluar lagi

if... (flickr.com)

hanya karena mataku tak mengeluarkan air mata
bukan berarti hatiku tak menangis
hanya karena aku selalu terlihat kuat
bukan berarti tak ada yang salah
terkadang aku memilih berpura-pura bahagia
jadi aku tak perlu menjelaskan pada mereka
tersenyum selalu lebih mudah
daripada menjelaskan kepada semua,
mengapa aku begitu sedih...

Shalluvia. 2010-2024 Copyright. All rights reserved. Designed by Mesha Christina.