Pada empat hari pertama gelaran Piala Dunia 2014, banyak pertandingan berkelas yang ditampilkan. Selain pertandingan di atas lapangan, ada juga beberapa momen yang kala kita melihatnya, membuat hati menghangat. Setelah kehebohan foto Mark Bresciano, kini giliran foto para suporter Jepang yang menjadi perbincangan para penikmat sepak bola.

Tak perlu bicara banyak, foto di bawah ini, memperlihatkan betapa suporter Jepang memiliki kelas mereka sendiri. Kesadaran!

suporter jepang memunguti sampah mereka sendiri (foto: nemu di tumblr)

Dalam pertandingan melawan Pantai Gading (15/06), Jepang memang kalah 2-1. Namun, para suporternya memilih kalah dengan terhormat dan menjadi contoh positif bagi siapa pun yang sering menonton sepak bola di stadion, atau suporter-suporter lainnya di mana pun mereka berada.

Ya, di foto tersebut, sebelum meninggalkan stadion, tampak para suporter Samurai Biru memunguti dan mengumpulkan sampah yang mereka hasilkan selama pertandingan berlangsung. Bukan rahasia lagi kalau penduduk Jepang merupakan orang-orang dengan disiplin tinggi.

Mungkin, Pantai Gading memang yang memenangkan pertandingan. Namun, apa yang dilakukan para suporter Jepang tersebut telah memenangkan hati para penikmat bola. Ganbatte!

***

Shalluvia. 2010-2024 Copyright. All rights reserved. Designed by Mesha Christina.